Selasa, 17 Mei 2016

Populasi dan Sample

Pada pembahasan kali ini akan dibahas tentang kasus statistik. Kasus statistik kali ini akan terkait pada sampel dan populasi. Sampel adalah bagian dari populasi yang akan diteliti, bisa dipandang sebagai dugaan terhadap populasi, tapi bukan dari populasi sendiri. Jadi maksudnya, sampel dianggap sebagai perwakilan dari populasi yang hasilnya mewakili keseluruhan kejadian yang sudah diamati.

Sedangkan populasi adalah kumpulan individu yang sama berada pada wilayah tertentu dan pada saat waktu itu pula.


Jadi misalkan saja nilai total dari suatu percobaan, nilai total yang dihasilkan dari sampel bisa kita sebut sebagai statistik.
Contoh kasus pada kali ini bertujuan untuk mengetahui apakah web aplikasi igracias termasuk kategori web yang nyaman dibuka?
Web aplikasi igracias
 adalah aplikasi portal sistem informasi dimana mahasiswa dapat melihat nilai, jumlah sks, jadwal ujian, jadwal perkuliahan, perwalian, profile, dan lainnya yang berhubungan dengan pendataan mahasiswa.
Dalam kasus ini perlu memenggunakan sampel 5 orang mahasiswa dimana diasumsikan sebagai 5 orang mahasiswa yang mewakili mahasiswa satu kampus Telkom University. Apa saja yang dilakukan ? 

Jadi di ambil data dari 5 orang mahasiswa, yaitu tentang pengaksesan aplikasi igracias. 
Berikut penulis disajikan data yang diambil dari tanggal 12 Januari s.d. 18 Januari 2016



Untuk mengukur suatu objek penelitian perlu adanya acuan, disini terdapat acuan penelitian, bersumber dari www.alexa.com dan diambilah facebook.com sebagai acuan untuk mengetahui apakah igracias termasuk nyaman atau tidak


Acuan penilaian yang diambil adalah page view dan daily time on site
kita mengetahui bahwa facebook.com memiliki rata-rata 12 page view dan daily time on site 21 menit. Maka dari itulah kita akan membuat suatu kategori penilaian, seperti berikut :

Segi rata-rata durasi waktu pengaksesan
Betah/nyaman     :  durasi >= 21.28 menit
Tidak Betah/tidak nyaman       :  durasi < 21.28
Segi rata-rata frekuensi pengaksesan

Betah/nyaman  :  frekuensi >= 12.49 kali
Tidak Betah/tidak nyaman  :  frekuensi  < 12.49 kali

Dari beberapa data yang sudah dikumpulkan diatas, maka grafiknya akan seperti dibawah ini. Grafik berdasarkan Menit Akses dan Frekuensi Akses per Hari


Setelah di sederhanakan menjadi bentuk grafik, maka kita akan membuat suatu pemusatan data dan penyebaran data. 

Pertama, kita akan mengetahui pemusatan data dari segi durasi waktu akses.
  1.      Rata-rata perhari : 47,285 menit
  2.      Paling sering diakses selama : 60 menit
  3.      Paling lama diakses pada hari minggu selama 74 menit
  4.      Paling sebentar diakses pada hari sabtu selama 10 menit
Kedua, kita akan mengetahui penyebaran data dari segi durasi waktu akses

1. Jangkauan selisih durasi dari yang paling lama dengan paling sebentar adalah     64 menit 
2. Keberagaman akses mahasiswa telkom dalam mengakses igracias dalam segi     durasi waktu akses sebesar 458.9047619
3. Standard Deviasi 21.4220625

Setelah kita mengetahui pemusatan data dan penyebaran data untuk segi durasi waktu, maka selanjutnya kita akan melakukan hal serupa untuk segi frekuensi akses
  1. Rata-rata perhari : 4 kali akses
  2. Paling sering diakses selama :  4 kali akses sehari
  3. Paling banyak diakses pada hari selasa sebanyak 7 kali
  4. Paling sedikit diakses pada hari sabtu selama 1 kali
Penyebaran data dari segi frekuensi akses
  1. Jangkauan selisih durasi dari yang paling banyak diakses dengan paling sedikit adalah 6 kali
  2. Keberagaman akses mahasiswa telkom dalam mengakses igracias dalam segi frekuensi akses sebesar 4.3333
  3. Standar deviasi 2.081665999
Dari data sampel tadi sudah kita olah jadi bentuk statistik, dan selanjutnya akan dianalisis untuk ditarik kesimpulan. 

Dari segi durasi akses didapatkan rata-rata 47,285 menit dalam sepekan, berarti diatas rata-rata acuan kami dari segi durasi akses. Maka, dari segi ini mahasiswa Telkom University betah atau nyaman menggunakan igracias.
Paling banyak durasi akses adalah sebesasr 60 menit maka paling banyak mahasiswa nyaman mengakses igracias namun keberagaman data mencapai 458,9047619, nilai maks 74 menit dan minimum 10 menit maka ada juga mahasiswa yang tidak nyaman dan sangat beragam tingkatan nyamannya.
Namun, segi frekuensi akses dibawah rata-rata acuan kami yaitu 4 kali dalam sepekan. Maka, dari segi frekuensi akses tidak betah menggunakan igracias.
Lagipula nilai maksimal adalah 4 kali dan minimal adalah 1 kali dan keberagaman 4.333 sehingga data memusat pada ketidaknyamanan dari segi frekuensi akses.
Meskipun frekuensi akses dibawah rata-rata namun durasi waktu akses diatas rata-rata. Ini berarti tidak secara absolut igracias tidak betah dikunjungi. Karena bisa saja dengan frekuensi sedikit tetapi mahasiswa bisa saja berdiam dihalaman yang sedang di kunjungi dalam durasi yang lama. 

Kesimpulan
kesimpulan dari kasus diatas adalah igracias cukup betah untuk dikunjungi oleh mahasiswa Telkom University

semoga bermanfaat contoh studi kasus diatas, dan beberapa ilmu yang du sharing. 

Rise and Shine semangat kuliah !!!

sumber gambar populasi dan sampel : www.simplypsychology.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar