Selasa, 17 Mei 2016

Belajar Statistics

Selamat pagi kawan-kawan
ya, kali ini sedikit membahas tentang mata kuliah di jurusan ku. yaitu Statistics
wow what is that?
sek sek tak kandani. pernah dilema untuk memilih dua pujaan hati, manakah yang terbaik untuk kita? istikharahlah
true story bro. haha
yup, itu salah satunya apabila kita sudah stuck dan gila mau pilih yang mana. Tapi ada ikhtiar lain yang bisa kita lakukan, yaitu belajar statistics. 
Tips pertama kumpulkan banyak data-data dari dua pujaan hati itu. Lalu analisis dari data-data itu mana yang menurutmu lebih baik. that’s what i’am talking about men ๐Ÿ˜€
bintang merah) standar deviasi penting banget biar hasilnya gak sesat
waah ternyata si dia jago berbohong, biar bisa dipilih. haha
mungkin tips terakhir, dekatkan diri kepada Allah SWT. karena hanya Dia yang bisa mengalahkan ilmu statistics
tips paling akhir bintang merah kuadrat) jangan ke dukun untuk mendapatkan cinta, karena dukun juga manusia. Dan kita ga pernah tau nilai dukun khususnya pada mata kuliahstatistics saat kuliah dapat grade apa. hehe
oke kalau begitu, kembali ke laptop
Statistiks dengan statistika adalah suatu hal yang berbeda. Jelas banget, yang satu bahasa inggris yang satu Bahasa Indonesia. No man, not like that.
Dalam Bahasa inggris disebut dengan industrial statistics menggunakan s yang berarti ilmu, seperti contoh lainnya yaitu sains, mathematics . Dalam Bahasa Indonesia disebut dengan statistika industri.
Statistika itu adalah sebuah alat, amazing 
Jadi singkatnya, Statistika industri adalah salah satu alat (metodelogi) untuk pembuktian dari apa yang sudah kita ketahui, dan berhubungan dengan penerapan.
Seperti contoh kasus kegalauan seorang zomblo diatas, atau
misalkan membandingkan 2 pohon, yaitu palem dengan pinus, bisa saja kita bilang palem lebih besar diameternya daripada pinus, mengapa?
Karena, palem memiliki diameter batang yang lebih besar dibanding pinus.
so tau banget kamu.
wait wait, kamu hanya mengambil kesimpulan secara cepat berdasarkan pengetahuan dan untuk pembuktiannya maka dibutuhkanlah suatu metodelogi yaitu statistika industri.
ARECACEAE Roystonea regia


pinus








tapi iya sih, keliatan dari kasat mata juga lebih gede palm ๐Ÿ˜€
Nah, biar lebih keren harus belajar statistics
Bro belajar itu naon sih? ane sering belajar tapi always dapet kebukuran. Nilai buruk maksudnya
Belajar adalah proses dimana yang tadinya tidak mengetahui menjadi tahu. true story bro haha
yang tidak paham menjadi paham, yang tadinya tidak bisa menjadi bisa, ataupun proses dimana yang tadinya tahu menjadi lebih tahu, yang tadinya paham menjadi lebih paham, dan yang tadinya bisa menjadi lebih bisa, itulah belajar.
Aspek-aspek dalam belajar :
  1. Kognitif : pengetahuan, misalkan pohon palem dan pinus tadi kita hanya sekedar mengetahui dari kata dosen dan belum menganalisa sendiri.
  2. Psikomotoris : praktek, agar dapat mengetahui besar diameter yang sebenarnya maka dosen meyuruh untuk mengukur diameter batang pohon tersebut dengan penggaris. (inget!! penggaris yang bisa dibengkokin)
  3. Afektif : karakter yang kuat
Untuk memahami sesuatu setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda. Untuk yang zomblo bisa pake tips ini biar bisa paham ๐Ÿ˜€
maka ada namanya proses belajar.
Proses belajar :
  1. Mendengarkan
  2. Menuliskan
  3. Membaca
  4. Berbicara
Ada orang yang paham hanya dengan bermodalkan mendengarkan saja, ada yang mendengarkan setelah itu ditulis lalu dibaca lagi baru paham dan baru bisa sharing di depan orang banyak. Hal paling sulit dalam tahapan tersebut adalah berbicara.
true story bro.
Sebenarnya gak ada salahnya bagaimana proses orang belajar gimana yang penting paham dan apa yang disampaikan dapat diterima dengan baik.
oke well done. Semoga bermanfaat sharing info sedikit untuk kawan-kawan semua.
Rise and Shine , semangat kuliah!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar